Syarat & Ketentuan Vendor

Syarat dan Ketentuan Vendor

1. Pendaftaran Penjual/Vendor

A.        Pendaftaran dan Akses untuk Vendor: Setiap Vendor yang berjualan di platform “Cake Mall” diwajibkan untuk mendaftar kepada team Cake Mall terlebih dahulu. Setelah hal-hal penting telah diverifikasi secara langsung, Penjual baru akan mendapatkan akses untuk berjualan di platform “Cake Mall” dan dibantu untuk memasukkan data-data yang diperlukan.

B.       Password dan Akun Vendor: Penjual yang mendapatkan akses ke Platform Cake Mall dan memutuskan untuk mengelola akun mereka sendiri melalui web master Cake Mall https://cakemall.compromall.id/registerVendorakan bertanggung jawab penuh atas akun tersebut, termasuk kerahasiaan Password dan isi dari toko online Penjual tersebut. Sedangkan untuk Penjual yang akunnya kami kelola dapat mengajukan perubahan pada tim kami apabila isi dari akun tersebut dirasa kurang tepat atau perlu untuk diupdate.

2. Barang, Deskripsi Barang, dan Harga Barang

A.        Standar Kualitas Barang yang Dijual: Penjual berkewajiban untuk selalu menjual barang dengan kualitas yang baik, layak dijual, tidak memasuki tanggal kedaluwarsa, dan sesuai dengan standar kualitas Cake Mall. Kualitas barang yang dijual adalah tanggung jawab Penjual sepenuhnya. Adapun yang dimaksud ‘kedaluwarsa’ bukan semata-mata adanya tulisan “berakhirnya” atau “memasuki” tanggal kedaluwarsa saja, namun juga merupakan barang yang aslinya telah kedaluwarsa namun diganti tanggal kedaluwarsanya seolah-olah barang tersebut belum memasuki masa kedaluwarsa atau telah kedaluwarsa. Dalam hal ini tanggal kedaluwarsa tersebut tidak dapat dipakai sebagai acuan dan penggantian barang akan menjadi tanggung jawab Penjual.

B.       Hak dan Tanggung Jawab Cake Mall serta Penjual Menurut Kategorinya:

(i) Cake Mall: Pihak Cake Mall berhak untuk melakukan pengecekan kuantitas dan kualitas barang-barang segar yang layak dijual sebelum diambil dan dibayarkan oleh pihak Cake Mall. Pihak Cake Mall bertanggung jawab untuk menjaga kualitas barang segar sejak pengambilan dari tempat Vendor hingga pengantaran ke tempat Pembeli sesuai dengan kualitas pada pengambilan pertama di tempat Vendor. Kualitas di luar pengambilan pertama yang diterima oleh Cake Mall merupakan tanggung jawab Vendor.

C.      Kerusakan Barang saat Pengiriman: Apabila terjadi kerusakan barang dalam proses pengiriman (tidak termasuk barang kedaluwarsa atau kerusakan barang yang berasal dari Penjual), dan apabila Vendor Cake Mall yang melakukan pengiriman tersebut, maka segala kerusakan akan menjadi tanggung jawab Vendor Cake Mall.

D.     Batasan jenis barang: Penjual dilarang untuk menjual barang-barang illegal atau barang hasil perdagangan gelap, barang-barang yang diklasifikasikan berbahaya menurut Dinas Perdagangan Republik Indonesia, barang yang dapat membahayakan kesehatan konsumen, organ/bagian tubuh manusia, alkohol, segala macam narkotika atau obat-obatan terlarang, atau obat-obatan perangsang/dewasa, pada prinsipnya yang melanggar ketentuan perundang-undangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

E.       Keterangan Tambahan pada Katalog Produk: Penjual diperbolehkan untuk memberikan keterangan tambahan terhadap barang yang dijual dalam Platform Cake Mall, namun tidak wajib (diluar keterangan harga barang, jenis barang, dan nama barang yang adalah wajib). Informasi apapun yang dituliskan oleh Penjual harus diberikan dengan sebenar-benarnya dan apa adanya tanpa ada makna tersirat. Apabila terdapat perbedaan yang signifikan antara barang yang dijual dengan informasi yang diberikan oleh Penjual yang kemudian dipermasalahkan oleh Pembeli, maka sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab Penjual.

F.     Pelaksanaan Transaksi diluar Platform Cake Mall: Penjual dihimbau untuk tidak memberikan data kontak pribadi yang bertujuan untuk pelaksanaan transaksi secara offline atau di luar Platform Cake Mall. Segala resiko dan akibat pelaksanaan transaksi di luar Platform Cake Mall merupakan tanggung jawab Penjual dan Pembeli sepenuhnya. Pembeli juga tidak berhak untuk mendapatkan sistem bonus poin serta garansi yang ditawarkan oleh Pihak Cake Mall pada transaksi tersebut.

G.    Iklan Pihak Ketiga: Penjual dilarang untuk membuat dan mencantumkan iklan pihak lain dalam Platform Cake Mall tanpa seijin dan sepengetahuan pihak Porsi.

H.   Promo oleh Vendor: Penjual berhak untuk mengajukan sistem promo mereka sendiri kepada pihak Cakemall sampai sistem promo tersebut dapat difasilitasi. Apabila Penjual mengajukan sistem promo mereka sendiri, maka hadiah/reward tersebut berasal dari Penjual dan menjadi tanggung jawab Penjual.

I.     Penyalahgunaan Nama Cake Mall: Penjual dilarang untuk memakai nama Cake Mall, menyalahgunakan nama Cake Mall, ataupun berlaku seakan-akan menjadi wakil dari pihak Cake Mall tanpa seijin dan sepengetahuan kami terutama untuk tujuan yang dapat mencemarkan nama baik perusahaan serta yang dapat merugikan pihak-pihak tertentu.

J.     Update Harga Barang: Penjual dapat mengupdate sendiri barang nya langsung di web master CMS cake mall.

K.     Kelalaian Update Harga Barang oleh Pihak Porsi dan Vendor: Apabila telah terjadi transaksi pembelian, maka harga barang yang berlaku saat itu adalah final dan tidak dapat diganti (barang yang telah dibeli akan diproses dengan harga tersebut). Apabila harga barang lalai untuk diupdate oleh Penjual (bukan pihak Cake Mall) sebelum batas waktu yang ditentukan, maka resiko sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab pihak Penjual. Namun apabila dalam penyediaan layanan update harga pihak Cake Mall telah lalai, maka kesalahan akan menjadi tanggung jawab pihak Cake Mall (dengan catatan bahwa Penjual telah memberikan informasi harga dengan lengkap dan jelas kepada pihak Cake Mall sebelum waktu yang telah ditentukan). Dalam hal ini pihak Cake Mall akan memberikan langkah penyelesaian atau ganti rugi kepada Pembeli/Penjual yang telah dirugikan (pembatalan pesanan, pengembalian dana, dan/atau penambahan poin), namun kelalaian ini akan sangat kami hindari.

L.    Kesalahan Informasi oleh Vendor: Apabila Penjual lalai dan melakukan kesalahan dalam memberikan informasi lainnya yang tidak disengaja, maka Pihak Penjual diwajibkan untuk segera melaporkan kepada pihak Cake Mall untuk segera diambil langkah selanjutnya. Dalam hal ini Pihak Cake Mall berusaha untuk menjembatani kesalahan pihak Penjual kepada Pembeli dengan secepatnya dan setepatnya namun dibebaskan dari segala bentuk tanggung jawab yang kesalahannya disebabkan oleh Penjual.

M.   Batas Maksimal Kerugian yang Harus Diganti oleh Vendor: Setiap kerugian yang diminta pertanggung jawaban oleh Pembeli kepada Penjual, jumlahnya sebatas harga barang yang dibeli tersebut ditambah ongkos kirim.

N.   Batasan Pemberian Harga Barang: Kebijakan harga barang merupakan hak Penjual masing-masing, namun Penjual dilarang untuk melakukan praktik manipulasi harga, kompetisi atau kerjasama yang tidak sehat antar Pedagang, atau tindakan apapun yang tidak sesuai dengan hukum yang berlaku di wilayah Republik Indonesia dan yang merugikan kepentingan orang banyak. Dalam hal ini Cake Mall berhak untuk mengevaluasi kebijakan harga sesuai dengan etika kepantasan dan kepatutan, memberikan surat teguran, dan apabila secara sah telah ditemukan pelanggaran sesuai dengan perundang-undangan Republik Indonesia yang berlaku, memberikan data yang diminta oleh pihak yang berwenang untuk proses hukum.

O.    Harga Akhir Pada Aplikasi Cake Mall: Harga yang diberikan oleh Penjual sudah termasuk biaya pajak yang akan ditanggung oleh Penjual masing-masing. Harga akhir yang ditampilkan pada aplikasi Cake Mall belum termasuk biaya pengiriman.

3.    Proses Pembelian Barang

A.        Hak Pilih oleh Customer - Pembeli mempunyai hak bebas untuk menentukan sendiri dari siapa mereka membeli barang tersebut. Cake Mall tidak mempunyai kewenangan dan kewajiban untuk menentukan Penjual dan tidak bertanggung jawab mengenai pilihan Pembeli.

B.       Kewajiban Vendor – Cek Pesanan: Apabila terjadi pesanan, pihak Cake Mall akan menginformasikan kepada Penjual melalui media yang telah disetujui (chat/email).

C.      Kewajiban Vendor – Update Stok: Penjual mempunyai kewenangan terbatas untuk menolak pesanan Pembeli kecuali masalah kualitas barang yang tidak sesuai dan jumlah stok yang tidak mencukupi. Untuk hal stok kosong atau ketidakmampuan pemenuhan penjualan dikarenakan tidak cukupnya waktu dan bahan oleh Penjual wajib dihindari dengan senantiasa melakukan update stock pada Platform kami. Penjual harus memberikan keterangannya kepada pihak Cake Mall baik secara lisan ataupun non-lisan untuk menghindari terjadinya kekosongan barang lebih lanjut. Apabila terjadi kerugian materiil lainnya akibat kelalaian pengupdatean stok akan menjadi tanggung jawab pihak Penjual.

D.     Kewajiban Vendor – Penambahan Jenis Produk: Apabila ada jenis produk baru yang akan ditambahkan oleh pihak Vendor, maka produk tersebut harus diinformasikan ke Pihak Cake Mall terlebih dahulu untuk dikonfirmasi dan dipenuhi kelengkapan data barangnya.

E.       Pembatalan Pesanan - Pembeli tidak dapat melakukan pembatalan pesanan setelah barang telah diproses oleh Pihak Cake Mall. Apabila Pembeli melakukan pembatalan pesanan sebelum barang diproses dan dikonfirmasi, maka pembatalan pesananan tersebut akan berlaku dan pihak Cake Mall maupun Pembeli dibebaskan dari kewajibannya kepada Penjual. Adapun biaya transfer yang mungkin ada karena pengembalian dana akan menjadi tanggung jawab Pembeli (tidak berlaku untuk kartu kredit).

Penjual dapat memilih untuk:

A.    Senantiasa mengupdate jumlah stok barang mereka yang tersisa sebelum terjadi kekosongan.

B.    Kualitas Barang Vendor Tidak Memenuhi: Personal Shopper berhak untuk menolak kualitas barang yang tidak sesuai dengan standar penjualan Cake Mall dan Penjual wajib untuk menggantinya sesuai dengan standar kualitas yang berlaku. Apabila tidak ada barang dari Penjual tersebut yang memenuhi standar kualitas Cake Mall, maka Personal Shopper berhak untuk membeli barang dari Penjual lainnya. Cake Mall berhak untuk mengganti Vendor sewaktu-waktu apabila kualitas barang dan hal lainnya tidak sesuai dengan standar Cake Mall.

4.    Pengiriman Barang

A.        Biaya Jasa Pengiriman Barang oleh Cake Mall: Saat ini pihak Cake Mall menggunakan jasa pengiriman dari Vendor toko ke tempat Pembeli. Apabila Penjual memilih sistem pengambilan barang pesanan di toko mereka .

B.       Kegagalan Pengiriman Barang dan Tanggung Jawab Cake Mall: Apabila terjadi kegagalan atau kerusakan dalam pengiriman barang dikarenakan pihak Vendor Cake Mall, maka Penjual akan dibebaskan dari kewajibannya terhadap Pembeli dan tetap akan mendapatkan hak untuk pembayaran barang tersebut.

5. Pembayaran kepada Penjual

A.      Jumlah Final yang akan Dibayarkan kepada Vendor: Jumlah dan jenis barang yang akan dibayarkan kepada Penjual adalah yang sesuai dengan harga jual yang tercatat pada sistem kami (sebelum harga komisi oleh tim Cake Mall) dan yang barangnya telah diterima sepenuhnya oleh Pembeli (tidak terdapat kekosongan dan komplain). Apabila terdapat komplain dari Pembeli, maka penyebab komplain akan dievaluasi dan diselesaikan terlebih dahulu sebelum dana ditransfer ke rekening Penjual. Apabila penyebab komplain merupakan tanggung jawab Penjual, Porsi berhak untuk meminta ganti rugi kepada Penjual, baik dalam bentuk diskon, potongan harga, ataupun pengembalian barang.

B.      Metode Pembayaran Kepada Vendor: Pembayaran kepada Penjual merupakan tanggung jawab yang akan dipenuhi oleh Cake Mall dengan sebaik-baiknya. Pembayaran oleh Cake Mall kepada Penjual dilakukan melalui transfer rekening bank yang telah didaftarkan oleh Penjual dan akan memakan waktu sekitar 3-5 hari sesuai dengan prosedur pada sistem Payment Gateway kami. Pembayaran dapat dilakukan secara cash apabila telah mendapat persetujuan dari pihak Cake Mall.

C.      Batasan Pembayaran Disebabkan oleh Pihak Bank: Apabila terdapat kegagalan pembayaran dikarenakan sistem Bank yang bermasalah, maka pihak Cake Mall akan sesegera mungkin melakukan pembayaran lagi setelah sistem pembayaran Bank telah dapat digunakan, namun dibebaskan dari segala tuntutan karena kesalahan Pihak Bank tersebut.

6. Rating dan Evaluasi

A.      Sistem Pemberian Nilai Rating oleh Pembeli: Pembeli berhak untuk memberikan masukan dan rating terhadap produk Penjual. Pemberian nilai rating akan dirata-rata dari jumlah Pembeli yang telah memberikan nilai rating tersebut.

B.      Manipulasi Nilai Rating: Penjual dilarang untuk melakukan kegiatan apapun yang bertujuan untuk memanipulasi nilai rating. Cake Mall berhak untuk memberikan penanganan lebih lanjut terhadap pihak Penjual yang telah terbukti melakukan tindakan manipulasi.

C.      Nilai Rating Vendor yang Rendah: Penjual berhak untuk bertanya kepada pihak Cake Mall mengenai masukan-masukan dari Pembeli yang dapat memperbaiki kinerja Penjual. Penjual yang terus menerus mendapat komplain dan nilai rating yang rendah akan dibimbing oleh pihak Cake Mall, namun apabila setelah batas waktu tertentu Penjual terus mendapatkan rating yang rendah, Pihak Cake Mall akan mengambil kebijakan yang berlaku pada saat itu berdasarkan evaluasi yang telah diadakan (membatasi jumlah dagangan atau memberhentikan penjualan baik secara sementara ataupun permanen).

D.     Hak Evaluasi Kinerja Penjual oleh Cake Mall: Pihak Cake Mall berhak untuk mengevaluasi kinerja Penjual dan memberikan penanganan lebih lanjut sesuai dengan kebijakan yang berlaku mengenai ketepatan waktu pembaharuan harga, kualitas barang, jumlah komplain dari Pembeli, stok kosong, rating, dan lain-lainnya yang diperlukan untuk menjaga kualitas layanan Cake Mall secara keseluruhan.

7. Kerahasiaan dan Batasan Penjual

A.        Pemberian Informasi dan Sistem Penjualan Cake Mall: Penjual dilarang memberikan informasi jumlah pembelian, sistem penjualan Cake Mall, ataupun detail informasi lainnya yang menyangkut bisnis Cake Mall kepada pihak lainnya tanpa seijin dan sepengetahuan pihak Cake Mall.

B.       Pengatasnamaan Pihak Cake Mall: Penjual dilarang mengatasnamakan Pihak Cake Mall tanpa seijin dan sepengetahuan pihak Cake Mall.

C.      Penyelesaian Selisih: Apabila terdapat selisih paham antara Penjual dan Cake Mall hendaknya diselesaikan secara kekeluargaan. Penjual hendaknya juga ikut menjaga nama baik dan reputasi Cake Mall di mata masyarakat sehingga tidak merugikan Penjual lain.

8. Batasan Kewajiban Porsi Kepada Pembeli dan Penjual (Pengguna)

A.    Pengguna setuju bahwa layanan dan materi yang Cake Mall disediakan adalah “sebagaimana adanya” dan “sebagaimana tersedianya”. Penjual mengerti bahwa batasan tanggung jawab pihak Cake Mall adalah sebatas penyedia jasa portal web dan aplikasi yang juga membantu Penjual dan Pembeli dalam pemilihan dan pengemasan barang-barang segar dengan kualitas yang baik, beserta dengan jenis usaha penyedia makanan lainnya.

B.     Pengguna setuju untuk tidak menuntut pihak Cake Mall (beserta dengan direktur, agen, dan karyawannya) mengenai hal-hal yang secara langsung atau tidak langsung timbul dari:

C.    Kelalaian dan ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan jasa layanan Cake Mall

D.    Posting Pengguna atau tindakan merugikan oleh pihak lain yang berdampak buruk terhadap nama baik Cake Mall dan kualitas layanannya termasuk di antaranya tindakan pencemaran nama baik, penipuan, pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual, pelanggaran privasi, peretasan, virus, dan lain-lain

E.    Akurasi deskripsi barang, kelengkapan data-data, kualitas barang, maupun ketepatan waktu pengiriman akan barang yang dijual oleh pihak Penjual di luar kontrol pihak Cake Mall

F.    Penyalahgunaan barang yang telah dibeli oleh Pengguna

G.    Gangguan pada perangkat lunak dan keras, bugs, kegagalan teknis, koneksi jaringan, rute yang kacau, dan lain-lain, baik dari faktor mekanis, elektronis, dan sumber daya manusia yang membatasi Pengguna dalam menggunakan layanan kami

H.    Kelalaian oleh Pihak Ketiga yang jasanya digunakan untuk mendukung layanan kami

I.    Keamanan informasi yang dibagikan kepada pihak Ketiga dalam rangka pemenuhan pesanan Pembeli

J.    Transaksi offline antara Penjual dan Pembeli yang tidak menggunakan jasa layanan Cake Mall dan garansi pembayarannya

K.     Transaksi tidak sah oleh pihak-pihak yang mengatas namakan pihak Cake Mall

9. Lain-Lain

A.    Hak kami: Cake Mall berhak untuk melakukan pembekuan saldo, membatasi akses, memberikan sanksi, maupun menggunakan data atau bukti yang dimiliki untuk proses hukum yang diminta oleh pihak yang berwajib apabila Pengguna melakukan tindakan kecurangan atau melakukan hal yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Porsi juga berhak untuk sewaktu-waktu melakukan perubahan Vendor utama, tampilan, sistem, kebijakan, serta periode berlakunya promosi atau periode launching kategori kami yang baru. Pada prinsipnya, hal-hal yang menjadi kewenangan pihak Porsi sebagai penyedia jasa aplikasi.

B.       Kebijakan Privasi: Pihak Cake Mall akan menjaga kerahasiaan data Pengguna sesuai dengan Kebijakan Privasi yang kami cantumkan di Platform kami. Semua data pribadi yang telah diberikan secara sukarela oleh Pengguna akan kami pergunakan sebagaimana mestinya.

C.      Batasan Penjualan Barang Kepada Pihak Lain: Penjual bersedia untuk tidak menjual barang yang telah diperuntukkan atau disisihkan untuk layanan Cake Mall kepada layanan jual beli online lainnya.

D.     Manipulasi sistem: Pengguna dilarang untuk menggunakan software, fitur, atau perangkat apapun yang dapat mengacaukan atau memanipulasi sistem dan kelancaran layanan kami. Hal ini termasuk di antaranya pengiriman virus, pembajakan, maupun hal-hal lainnya yang terkait dengan data toko, produk dan jasa yang dijual/dibeli, promosi, dan lain-lain yang merupakan bagian dari praktik manipulasi.

E.       Order Fiktif: Pengguna dilarang untuk melakukan order fiktif atau palsu dengan sengaja/tanpa sengaja yang merugikan pihak Cake Mall. Apabila order telah kami proses dan kami kirim tanpa adanya pembatalan dan adanya orang yang bertanggung jawab akan proses pembelian yang telah terjadi, maka Cake Mall akan menyerahkan hal ini kepada pihak yang berwenang untuk diusut dan diselesaikan untuk mencegah hal ini terjadi kembali di kemudian hari.

F.     Mata Uang: Saat ini transaksi jual beli di Platform Cake Mall hanya menggunakan mata uang Rupiah sampai ada pemberitahuan selanjutnya.

G.    Pengakhiran Kerjasama oleh Penjual: Penjual dapat memilih untuk mengakhiri kerja sama dengan pihak Cake Mall.

H.   Pengakhiran Kerjasama oleh Cake Mall: Pihak Cake Mall mempunyai hak untuk sewaktu-waktu menghentikan kerjasama dengan Penjual serta menghentikan akses kepada Pengguna untuk login ke dalam Platform kami jika Pengguna telah terbukti melanggar Syarat dan Ketentuan yang berlaku, atau jika menurut kebijakan kami hal tersebut harus dilakukan untuk menjaga kualitas layanan kami (termasuk di dalamnya adalah kebijakan harga Vendor).

I.     Force Majeure: Jika terjadi kegagalan layanan oleh kami yang disebabkan oleh Force Majeure atau keadaan memaksa seperti bencana alam, termasuk didalamnya musibah di jalanan dan lain-lain, maka pihak Cake Mall akan dibebaskan dari pertanggungjawaban yang timbul di luar kendali kami tersebut, dan uang yang telah masuk namun barangnya belum dapat dikirim oleh Cake Mall dikarenakan hal Force Majeure tersebut akan dikembalikan sesuai dengan jangka waktu pengembalian yang berlaku (maksimal 5 hari kerja).

J.     Merek Dagang: Merek Dagang dan Logo Cake Mall telah didaftarkan secara sah di lembaga-lembaga terkait. Adanya penggunaan logo, trademark, materi, atau data apapun yang secara resmi menjadi milik Cake Mall tanpa kuasa dan sepengetahuan kami termasuk untuk hal-hal yang merusak nama baik dan konten kami akan dikenakan tindakan hukum sesuai dengan aturan yang berlaku.

K.    Hak Kekayaan Intelektual: Setiap materi dalam platform kami yang memiliki lisensi atau trademark dan yang telah didaftarkan secara sah – dilindungi oleh undang-undang Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). Penjual ataupun Pengguna tidak mempunyai hak untuk merekayasa, mengubah, membongkar, ataupun tindakan sejenis lainnya yang kemudian dipublikasikan tanpa seijin kami atau Pemilik Hak Cipta yang bersangkutan. Ijin Pengguna hanya terbatas pada penggunaan secara pribadi dan non-komersial tanpa mengubah isi materi tersebut. Tidak ada pernyataan baik secara tersirat maupun non-tersirat yang mendukung atau memberikan hak kepada Pengguna untuk dapat menggunakan trademark dan lisensi tersebut tanpa seijin pemiliknya.

L.    Penyelesaian Hukum: Syarat dan ketentuan ini beserta penyelesaiannya didasarkan pada tata cara hukum yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Bantuan lebih lanjut?

Tim Customer Service kami siap melayani Anda

Hubungi Kami
whatsapp